Minggu, 27 Februari 2011

Sampah.....dibuang sayang! Sampah membawa berkah

       Sampah?!? Bau......jijik.....oek..oek...oek
       Buang jauh-jauh, sarang penyakit tau.........!!!

       Demikian komentar kebanyakan orang tentang sampah. Tetapi bagi warga RT 06 RW 02 Cipadung, Cibiru Kota Bandung justeru sampah membawa berkah tidak hanya membawa penyakit. Sampah membawa penyakit, kalau sampah tersebut dibiarkan berserakan tanpa ada pengelolaan.

       Sampah yang ada di rumah tangga, oleh warga RT 06 RW 02 melalui Gembelink 7 sampah dikelola dan diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gas dan pupuk cair organik. Gas tersebut dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak melalui penyediaan dapur umum yang digunakan khusus untuk warga RT 06, selain untuk memasak, gas tersebut dimanfaatkan pula untuk membangkitkan listrik penerangan  jalan/gang.

       Sedangkan pupuk cair dimanfaatkan untuk penghijauan lingkungan. Teras-teras atau halaman rumah warga kini dihiasi oleh tanaman-tanaman produktif paling tidak untuk konsumsi pribadi. Konsep dapur hidup, warung hidup, dan apotek hidup kini benar-benar hidup di lingkungan warga RT 06 RW 02.

       Melalui reaktor pengolahan, sampah organik dapat diubah menjadi gas dan pupuk cair organik. Alhasil, warga RT 06 RW 02 Cipadung Cibiru Kota Bandung dapat memperoleh manfaat yang luar biasa dari upaya pengelolaan sampah tersebut. Udara di siang hari menjadi sejuk menyegarkan sementara di malam hari lingkungan menjadi caang baranang diterangi oleh neon listrik tenaga gas.

      Sampah ?!? Mau.......janji.......ha...ha...ha !
      Jangan dibuang....sayang kalau dibuang! Menghasilkan duit tau......!

      Demikianlah perubahan komentar dan imej masyarakat tentang sampah. Sampah jika kita kelola dengan benar, memang membawa berkah yang luar biasa. Terbukti di RT 06 RW 02, sebuah pemukiman padat penduduk yang heterogen mampu membiasakan diri untuk hidup sehat dan mau memelihara lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar